Rawon Surabaya Pak Pangat

Rawon adalah kuliner tradisionil Surabaya. Dibuat dengan citarasa tinggi. Daging kotak dengan rebusan kaldu dengan kluek. (Salah satu rempah nusantara). Warungnya berada di selimpitan ruko-ruko tua. Oke masuk ke inti acara, pesanlah rawon campur. Isinya kumplit. Ada daging rawon kuah pisah, tambah krengsengan yang mirip semur daging, terus suiran empal, jangan lupa toge kecil sambel…

Aduh! Gurihnya Ayam Goreng Asli Pemuda

Bukan ayam goreng biasa! Nganterin ayahanda tercinta makan malam, terbesitlah ayam goreng ini. Saya belum pernah, melipirlah kami ke jl Tidar. Rumah Makannya guedeee pemirsa Ayam gorengnya direndem dengan bumbu kuning beberapa jam kayanya nih. Guriiiih dan lembuuuut, Tastenya #Alamaksedapnya. Berikut penampakannya Jadi pas disobek gampang banget lepasnya. Colek dengan bumbu kecap dan perasan jeruk…

Larisnya Soto Ayam Lamongan Cak Harr

Kuah kuning nan gurih yang berasal dari bumbu rempah dan rebusan ayam kampung menggenangi nasi putih, potongan ayam kampung, daun bawang, dan koya. Nah kuahnya cenderung bening dan ga berat. Potong jeruk nipis dan kasih sambel. Tambahkan koya bila mau lebih kental. Balungan alias tulang-tulang ayam jadi favorit disini. Di tiap selipan tulang ada daging…

Pengalaman nikmat dari ujung Indonesia

Dapat tugas ke papua? Alhamdulillah, dapat kesempatan explore paling timur Indonesia. Kuliner bukan hanya icip-icip, tapi juga belajar memahami budaya satu daerah. Papeda! Yes makanan khas daerah timur ini sangat unik. Terbuat dari tepung sagu, air putih, garam, dan gula ditaruh di wadah besar. Temennya ada ikan kuah kuning. Kuahnya asam pedas gitu. Ikannya ikan…

Seafood favorit! Seafood 68 Santa

Jalan-jalan ke daerah selatan terus bingung makan apa. Ada alternatif makan enak: seafood santa! Ada di jl Woltermongonsidi – Senopati. Langsung aja ke menu orderan saya dan rekan saya bragoh Appetizernya ada kerang rebus yang baru diangkat dari dandang fanas. Colek pakai saus sambel yang jelek ala2 streetfood. terkadang saus bermerk krg cocok untuk pasangannya….

Secangkir hangat dari coffeeshop yang sangat nyaman

Duduk ngopi tuh emang ya, bikin relax. Olahan kopi favorit: Cappuccino. Saya menemukan balancenya minuman dalam secangkir cappuccino. Ada coffeshop namanya 3K di Kemang. kalau kesini minta racikannya si bang Harlan, si pembikin kopi. Kawan sekampung rupanya. jadi aja ngopi berjam-jam ngomongin apapun tanpa gadget. Oke balik lagi ke kopinya. Rasanya blend di mulut, manis,…

Wisata Kuliner Sumatera Barat

Satu pengalaman berharga kalau semua makanannya enak. Ini terjadi ketika aku dan keluarga jalan2 ke sumatera barat habis lebaran. Berangkat dari Pekanbaru pagi hari kita berhenti di Payakumbuh (3 jam dari pekanbaru) untuk makan sate danguang-danguang. Kuahnya cenderung kuning dan tastenya manis pedes. favoritku bangeeet. Alamaksedapnyaaaa Sate dan kuahnya dipisah. Sekali pesen 50 tusuk. Dagingnya…

Santai asik di MP’s Fresh Mart

Tepi jalan Simatupang, yang mengarah ke cilandak dari ps rebo, kita akan nemuin sebuah toko buah. Coba perhatiin lebih detil lagi, eh bener! Ada restonya juga. Kayanya nyaman banget nongki2 di sana. Langsung aja yuk masuk, dan icip makanannya. Dolsot artinya mangkuk, sedangkan bibimbap adalah nasi-campur. Jadinya sebenernya sajian ini adalah nasi campur ala korea…

Khas Palembang di Jakarta, Sari Sanjaya

Pempek tuh makan sejuta umat kali ya,,.? Ibarat sore2 hujan, ngemil2 lucuk dan pedes itu sedap kali pasti ya. Ga perlu jauh-jauh ke Palembang, di Jakarta ada jawaranya. Berposisi di Kuningan, ada sebuah warung Palembang tepatnya di Jl. Satrio (daerah Kota Kasablanka) deket2nya lotte. Pempek disini tuh dari ikan tenggiri. kalo di Palembangnya ada yang…

Rawon Suwir Pak Pangat

Melipir dari bandara Ir. Juanda, sebuah warung nyempil di daerah Rungkut Gunung Anyar (Ruko Purimas) berdiri (sedikit) kokoh. Ramaiiiii!!! Usut punya usut ada rawon nan sedap di situ. Ternyata benar! Rawon Pak Pangat namanya. Bedanya dari rawon biasa adalah penggunaan empal yang disuwir. Kuahnya tetap dengan kuah hitam kluwek nan gurih. Alamaksedapnya!!! kuah gurih bercampur…

Alamak!!! Ada brownies Nutella

Nutella, kitkat, marsh mallow, dan peanut butter. Empat hal ini membuat si Gladies mendapatkan inspirasi. Brownies coklat yang punya cita rasa manis pas, dipadukan kenyalnya marsh mallow. Beuuuh anyaaaarr. kepadatan browniesnya pas, manisnya ga lebay. Eits bukan hanya itu coklatnya brownies bukan dari coklat biasa. Milo!! itulah bahannya. #alamaksedapnya. Berikutnya icipin peanut butter. Ini cakep…

Sarapan sedap di Mangkok Ayam

Makan pagi? Kenapa ga. Sekarang aku lg diet pakai “healthy plate”. Porsi makan seimbang aja intinya. Kali ini nyicipin kedai kopi modern ala chinese di bandung. Mangkok ayam namanya.

Warung Laos yang jadi favorit

Jalan ke Bandung Jawa Barat wajib hukumnya melewati Jl. Cihampelas. Itulah yang ada di pikiran beberapa orang dari dulu hingga kini. Berbagai tempat belanja dan kuliner hadir di jalan ini. Banyak bus memadati kawasan satu jalur ini. Liburan memang ga ada habisnya di kota kembang. Sudah lelah wisata belanja, saatnya wisata kuliner. Bertempat di Jl….