Salah satu soto ayam enak di Surabaya, Cak To!

Bicara soto di Surabaya ga bisa main2. Karena memang Surabaya gudangnya soto. Salah satunya yang legendaris adalah Soto Ayam Lamongan Cak To di undaan Wetan. Yang original ada di dalam gang yaaa… Soto disini cenderung bening, namun guriiih. Tidak lupa koyanya. Irisian besar ayam kampung jadi aksesorisnya plus kulit dan telur. Saya pilih soto campur…

Rawon Surabaya Pak Pangat

Rawon adalah kuliner tradisionil Surabaya. Dibuat dengan citarasa tinggi. Daging kotak dengan rebusan kaldu dengan kluek. (Salah satu rempah nusantara). Warungnya berada di selimpitan ruko-ruko tua. Oke masuk ke inti acara, pesanlah rawon campur. Isinya kumplit. Ada daging rawon kuah pisah, tambah krengsengan yang mirip semur daging, terus suiran empal, jangan lupa toge kecil sambel…

Pesona Mie Ayam Jakarta Siola

Nyari mie pangsit di Surabaya gampang-gampang susah. Ternyata bukanya rata-rata diatas jam 10 pagi. Kali ini usut punya usut, abis liat instanya Surabaya foodies, saya menghampiri gerobak mie yang ada di samping gang Siola dan Bima. Langsung pesen 3 porsi, karena saya perginya sama temen kerja. Ga neko-neko menu disini karena adanya hanya mie pangsit…

Aduh! Gurihnya Ayam Goreng Asli Pemuda

Bukan ayam goreng biasa! Nganterin ayahanda tercinta makan malam, terbesitlah ayam goreng ini. Saya belum pernah, melipirlah kami ke jl Tidar. Rumah Makannya guedeee pemirsa Ayam gorengnya direndem dengan bumbu kuning beberapa jam kayanya nih. Guriiiih dan lembuuuut, Tastenya #Alamaksedapnya. Berikut penampakannya Jadi pas disobek gampang banget lepasnya. Colek dengan bumbu kecap dan perasan jeruk…

Nyarap di Bubur Jl Jawa yuk!

Awalnya dibungkusin rekan kerja bubur nan famous ini. Dibungkus aja enak, apalagi makan di tempt ya. Oke kali ini saya jam stg 7 pagi menjelang ke kantor melipir ke Jl. Jawa (disamping G Suites Hotel, Gubeng). Nampak gerobak yang lagi sibuk aktifitasnya Nah dia ga ribet pilihannya, cuma buryam biasa dan ada yang plus ati…

Larisnya Soto Ayam Lamongan Cak Harr

Kuah kuning nan gurih yang berasal dari bumbu rempah dan rebusan ayam kampung menggenangi nasi putih, potongan ayam kampung, daun bawang, dan koya. Nah kuahnya cenderung bening dan ga berat. Potong jeruk nipis dan kasih sambel. Tambahkan koya bila mau lebih kental. Balungan alias tulang-tulang ayam jadi favorit disini. Di tiap selipan tulang ada daging…

Juaranya Tahu Tek Surabaya

Makanan khas Suarabaya lainnya adalah Tahu Tek. Tek means mas2nya yang mengetok sutil di kuali penggorengan. Sistem motong tahunya digunting. Petis Surabaya emang beda, item legit. Okay ini dia tahu tek Pak Jayen. Potongan tahu nan lembut dengan topping tauge kecil dan tahu campur dadar telur gunting, disiram dengan racikan bumbu petis sambut dengan kerupuk…

Istimewa! Spesial Belut Bu Hadi

Belut itu kaya protein, guys.┬áTiap 100 gramnya mengandung komposisi protein 14 gram, lemak 27 gram, fosfor 200 mg, kalsium 20 mg, zat besi 20 mg, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Air, Omega 3, Omega 6, Vitamin C, Asam Folat, Magnesium, Selenium, dan kalori sebanyak 303 (Curtesy khasiat.co.id) Terletak di pusat kota Suarabaya, depot Bu…

Sarapan di Pecel Ponorogo Ketabang kali

Jawa Timur identik dengan sego pecel. Oke kali ini saya menelusuri kuliner favorit ayah saya. Yep!┬áPecel Ponorogo Hj. Boeyatin. persis di samping sungai letaknya. Yuk masuk depot alias warungnya Saya mesen nasinya dikit terus sayurnya banyak. banyak pilihan ikan untuk lauknya. Awalnya saya bingung ayam, daging cumi, telur dibilang ikan kalau di Surabaya. Ternyata asal…

Balapan di Warung pak Gendut

Salah satu destinasi nguliner Indonesia adalah Surabaya. Kali ini saya mengincar menu sarapannya. Terbersitlah Lontong Balap Pak Gendut. Kenapa balap? karena dulu para pedagang lontong berjualan berderetan dan saling pinjam alat dapurnya. Oke kali ini yang legendaris adalah Lontong Balap Pak Gendut Mulai berjualan 1956 di Wonokromo, kemudian pindah 1976 pindah depan bioskop garuda (Courtesy…

Rawon Suwir Pak Pangat

Melipir dari bandara Ir. Juanda, sebuah warung nyempil di daerah Rungkut Gunung Anyar (Ruko Purimas) berdiri (sedikit) kokoh. Ramaiiiii!!! Usut punya usut ada rawon nan sedap di situ. Ternyata benar! Rawon Pak Pangat namanya. Bedanya dari rawon biasa adalah penggunaan empal yang disuwir. Kuahnya tetap dengan kuah hitam kluwek nan gurih. Alamaksedapnya!!! kuah gurih bercampur…